Selamat Datang

Semoga Bermanfaat

Selasa, 02 Agustus 2011

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Qur'an. Allah k berfirman:
Bulan Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang batil).(Al-Baqarah: 185)
Pada bulan ini para setan dibelenggu, pintu neraka ditutup dan pintu surga dibuka.
Rasulullah SAW bersabda:
Bila datang bulan Ramadhan dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu-pintu neraka dan dibelenggulah para setan.(HR. Al-Bukhari dan Muslim)
Pada bulan Ramadhan pula terdapat malam Lailatul Qadar. Allah berfirman:
Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al Qur'an pada malam kemuliaan. Tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.
Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh kesejahteraan hingga terbit fajar.(Al-Qadar: 1-5)
Penghapus Dosa
Ramadhan adalah bulan untuk menghapus dosa. Hal ini berdasar hadits Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah n bersabda:
Shalat lima waktu, dari Jum'at (yang satu) menuju Jum'at berikutnya, (dari) Ramadhan hingga Ramadhan (berikutnya) adalah penghapus dosa di antaranya, apabila ditinggalkan dosa-dosa besar.(HR. Muslim)
Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan keimanan dan mengharap ridha Allah, akan diampuni dosa-dosanya yang terdahulu.(HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah RA)
Dari Ibnu Mas'ud Nabi bersabda: Penghulunya bulan adalah bulan Ramadhan dan penghulunya hari adalah hari Jum'at. (HR. Thabraniy).
Dari Abi Mas'ud Nabi bersabda: " Kalaulah manusia tahu apa yang terdapat pada bulan Ramadhan, pastilah mereka akan mengaharapkan bahwa Ramadhan itu selama satu tahun." (HR. THabraniy, Ibnu Khuzaimah, Baihaqqiy)
Dari Abu Hurairah RA Rasul bersabda: " Apabila datang bulan puasa dibuka pintu-pintu syurga dan ditutup pintu-pintu neraka". (HR. Bukhari dan Muslim)
Dalam hadith yang lain Rasul bersabda: " Apabila datang malam pertama bulan Ramadan para syaitan dan jin kafir akan dibelenggu, semua pintu neraka ditutup sehingga tidak ada satu pintupun yang terbuka, dan dibuka pintu-pintu syurga sehingga tidak ada satupun yang tertutup.
Lalu terdengara suara seruan: " Wahai pencari kebaikan datanglah, waha pencari kejahatan kurangkanlah. Pada malam itu ada orang-orang yang dibebaskan dari Neraka. Dan yang demikian itu terjadi pada setiap malam". (HR. Tirmizdi dan Ibnu Majah, Shahih dengan syawahid)
Rasullulah menjelaskan dalam hadisnya. Bulan ramadhan yang berjumlah 30 hari, dibagi 3 kelompok.
Kelompok pertama berjumlah 10 hari, dimana turunnya rahmat Allah kepada manusia. Kelompok kedua juga berjumlah 10 hari, yang merupakan hari pengampunan Allah bagi manusia yang menyadari atas kesalahan yang pernah dilakukannya. Dan yang kelompok yang ketiga juga berjumlah 10 hari, merupakan hari pembebasan dari siksaan api neraka.
Sesungguhnya Allah sering memperhatikan kaum muslimin, pada malam pertama bulan ramadhan. Dan barang siapa yang mendapatkan perhatian Allah SWT niscaya tidak disiksanya bahkan Allah SWT mengampuninya pada malam terakhir bulan ramadhan.
Karena itu tidak seorang pun diharamkan oleh Allah SWT, untuk memperoleh ampunan pada bulan ramadhan. Terkecuali bagi mereka, yang terlalu banyak berpaling diri dari Allah.
Terakhir tentang keutamaan bulan ramadhan, dibulan ini kita juga diajarkan, selalu mempunyai sikap sabar dalam segala hal. Baik sabar saat menunggu berbuka puasa, hingga sabar mengekang hawa nafsu.
Sebuah riwayat menyebutkan, semua pintu langit dan surga dibuka pada bulan ramadhan. Semua iblis dan setan dirantai untuk diseret dan dilemparkan ke laut agar mereka tidak menggangu kaum muslim, tidak merusakkan puasa dan bangun malam mereka.
Semoga dengan mengikuti dan mengamalkan keutamaan bulan ramadhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar